Selasa, 19 Juni 2012

ZAT PENGATUR TUMBUH


Nama              : Arkanuddin
Nim                 : 08740016
Jurusan          : Kehutanan
MK                 : Fisiologi Pohon

ZAT PENGATUR TUMBUH

Hormon merupakan suatu zat yang terjadi secara alami yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan. Zat tumbuh nabati dapat dinyatakan dengan nama beberapa kelompok, misalnya absisin (abscicins) mengatur absisi, auksin mengatur pemanjangan sel, sitokimin mempengaruhi sitokinesis sehingga terlibat dalam pengaturan pembelahan sel, dan florigen terlibat dalam menginduksi pertumbuhan bunga.

PERANGSANG TUMBUH
Auksin
Hormon nabati yang paling dulu di kenal dan paling banyak di teliti termasuk ke dalam kelompok auksin. Hormone ini di hasilkan pada ujung pucuk yang sedang tumbuh, dan setelah bergerak ke bagian-bagian atau organ lain, menghasilkan berbagai efek. Yang paling khas di antaranya adalah pengaturan pembesaran sel. Dengan adanya auksin dinding sel selulosa menjadi kenyal (plastic) dan di perluas oleh potensi osmosis cairan sel.
Auksin memegang banyak peranan lain pada perkembangan tumbuhan. Auksin bukan hanya terbentuk pada pucuk yang sedang tumbuh, tetapi juga pada berbagai daerah lain, termasuk beberapa yang terlibat pada tahap reproduksi, misalnya serbuk sari, buah dan biji.
Giberalin
Giberalin di ambil dari nama jamur gibberella fujikuroi, penyebab penyakit ‘bakanae’ pada tanaman padi yang menjadikan tanaman yang di serangnya tumbuh memanjang dan bergelondong serta berwarna kuning.
Tanggapan mencolok yang di tingkatkan oleh giberalin umumnya bertitik berat pada pola pertumbuhan normal, bukan perubahan menjadi bentuk yang tidak normal. Misalnya, varietas kerdil berbagai jenis tanaman, seperti jagung dan kopi, dapat di rangsang agar tumbuh sehingga varietas tinggi kekerabatannya, sedangkan aspek lain pertumbuhan yang di rangsang itu tetap normal.


Sitokinin
Sitokinin adalah senyawa-senyawa yang berasal dari senyawa yang mengandung nitrogen, yaitu adenine. Sitokinin di sintesis dalam akar, dari sana bergerak ke atas dalam xylem dan menuju ke daun dan buah. Sitokinin bertindak bersama dengan auksin untuk meningkatkan pembelahan sel dan menahan ketuaan (senescence), yang setidak-tidaknya pada tahap awal merupakan fase metabolism yang terorganisasi dan bukan hanya memecah jaringan. Sebuah contoh ketuaan adalah menguningnya daun-daun, yang terjadi ketika protein pecah dan klorofil rusak. Sitokinin menahan menguningnya daun dengan jalan membuat kandungan protein dan klorofil seimbang dalam daun. Sitokinin di gunakan secara komersial untuk penyimpanan sayuran hijau.

PENGHAMBAT TUMBUH
Asam Absisat
Nama asam absisat (ABA –abscisic acid) berasal dari kemampuan zat ini untuk mendorong absisi. Zat ini di sintesis dalam buah dan daun. Memiliki spectrum aktivitas yang luas pada pertumbuhan dan perkembangan, tetapi dalam semua peranannya selalu bertindak sebagai penghambat.
Etilen
Etilen adalah zat berupa gas. Gas ini dilepaskan oleh sebagian besar organ tumbuhan dalam berbagai konsentrasi, dan yang paling jelas keluar dari buah yang sedang dalam proses pematangan. Pematangan buah dapat dipercepat oleh etilen dengan konsentrasi 1 ppm atau kurang.

INTERAKSI HORMONAL
Interaksi hormonal dapat kita contohkan seperti berikut: Telah lama diketahui bahwa cambium sebatang pohon, atau pada hal tertentu cambium tumbuhan daerah beriklim sedang , paling aktif ketika kuncup membuka dan pucuk memanjang. Pembelahan sel kambium bermula dekat kuncup pada masing-masing pucuk, lalu menyebar menjauhinya. Kuncup ujung merangsang kambium untuk membelah diri secara cepat melalui tindakan dua kelompok hormon, yaitu auksin dan giberelin.
Suatu antagonisme ialah interaksi antara dua zat yang bekerja pada sebuah system sedemikian rupa sehingga yang satu menghambat sebagian atau seluruh efek zat yang lain. Sebaliknya, suatu sinergisme ialah interaksi antara dua zat atau lebih yang memiliki efek yang sama dalam suatu system tertentu untuk menghasilkan suatu efek yang lebih besar dari pada jumlah efek kedua zat itu jka bertindak sendiri-sendiri.

TANGGAP TUMBUHAN TERHADAP RANGSANGAN LUAR
Factor yang mengatur pertumbuahan tumbuhan dapat di bagi menjadi 3 kelompok:
Pertama, ialah factor-faktor yang bersifat genetic.
Kedua, factor-faktor internal yang mengintegrasikan berbagai sel, jaringan dan organ, menjadi sebuah kesatuan structural dan fungsional tunggal.
Ketiga, factor-faktor luar yang berasal dari lingkungan.

TROPISME
Tropisme adalah sebuah gerakan pembengkokan yang timbul karena pertumbuhan tidak sama atau pertumbuhan diferensial pada sisi yang berlawanan dari organ yang tegak, sebagai reaksi terhadap rangsangan luar yang terarah.
Fototropisme
Sebagai contoh; jika suatu tanaman , misalnya tanaman dalam pot, diletakkan pada jendela dan satu sisinya disinari lebih terang daripada sisinya yang lain, maka batangnya biasanya akan membengkok kearah cahaya tersebut.
Geotropisme
Geotropism ialah reksi tumbuhan terhadap rangsangan gaya berat. Sebagai contoh; jika suatu semai yang tumbuh dalam cahaya berbaur diletakkan pada posisi horizontal, akar utama akan membengkok sampai tegak lurus ke bawah dan batang utama membengkok sampai tegak lurus ke atas.

FOTOPERIODISME
Fotoperiodisme adalah reaksi tumbuhan terhadap panjang hari yang berbeda-beda.Berdasarkan panjang hari untuk pembungaan, sebagian besar tumbuhan dapat dibagi menjadi 3 kelompok utama:
1.      Tumbuhan hari pendek. Hanya akan berbunga jika panjang hari kurang dari periode kritis tertentu. Misalnya, kastuba, ubi jalar, nanas dan padi.
2.      Tumbuhan hari panjang. Yang hanya akan berbunga jika panjang hari lebih dari periode kritis tertentu. Misalnya, tanaman jarak dan kentang.
3.      Tumbuhan hari netral. Yang berbunganya tidak bergantung pada panjang hari. Misalnya, jagung dan masih banyak lagi tanaman tripik lainnya termasuk zinnia spp.
GERAKAN TIDUR PADA DAUN
Perdaunan sejumlah tumbuhan tropic, terutama anggota suku leguminosae, berada dalam posisi berbeda pada siang hari dan malam hari. Proses ini disebut niktinasti (secara harfiah berarti gerakan malam).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar mengenai postingan saya ini..!?!